Modul Praktikum Basisdata Bab III

Bajay X Generation -->

Untuk lebih memperdalam pemahaman tentang SQL maka pada pertemuan kali ini akan dipelajari tentang kelompok lain dalam perintah SQL yaitu DML (Data Manipulation Language) terutama perintah SELECT dan variasinya dalam bentuk query/subquery, teknik Join dan Union..

Query adalah permintaan – data – yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga hanya menghasilkan / menampilkan data yang diinginkan. Walaupun secara formal seluruh perintah SQL disebut sebagai Query, tetapi dalam penggunaan sehari-hari Query lebih identik dengan segala bentuk variasi perintah SELECT.

Join adalah proses menggabungkan data-data dari dua tabel atau lebih dengan cara merelasikannya, untuk mendapatkan gambaran keseluruhan data secara lebih baik.


Macam-macam JOIN antara lain :
  • Cross Join, adalah perwujudan dari bentuk produk kartesian terhadap dua tabel.
  • Self Join, adalah Join yang dilakukan terhadap satu tabel tunggal, dengan memanfaatkan alias untuk mendeskripsikan referensi tabel berbeda yang sebenarnya berasal dari tabel yang sama.
  • Inner Join, disebut juga Equijoins adalah teknik join yang dilakukan dengan mendeskripsikan nilai field yang ekuivalen antara dua tabel. Teknik Join ini adalah yang paling sering dipakai, karena hanya berdasar pemanfaatan secara sederhana Relationship antar tabel. Misalnya :
berdasarkan Database Praktikum, Jika ingin menampilkan field nama barang dari tabel barang dan field jenis satuan dari tabel satuan, maka harus dicari terlebih dahulu nilai yang sama antara field id_satuan milik tabel satuan dan field id_satuan milik tabel barang.
  • Natural Join, bentuk lain dari Inner Join yang menghilangkan data yang muncul lebih dari satu kali.
  • Outer Join (Left dan Right Join), adalah bentuk join yang outputnya menampilkan keseluruhan record dari salah satu tabel referensi (yang disebutkan di sebelah kanan klausa OUTER JOIN, maupun yang di sebelah kiri).

Union adalah perintah untuk mengkombinasikan dua atau lebih Query, sehingga menghasilkan output yang lebih fleksibel.
Perwujudan lain dari perintah UNION adalah penggunaan operator OR dalam kondisi seleksi klausa WHERE ketika melakukan Query.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Modul Praktikum Basisdata Bab III"

Post a Comment

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.